Home » » Membangun Karakter Dengan Mendaki Gunung

Membangun Karakter Dengan Mendaki Gunung

Membangun Karakter Dengan Mendaki Gunung
Mendaki Gunung bukan hanya menjadi hobi di beberapa tahun terakhir, mungkin sekarang ini mendaki gunung sudah menjadi sebuah rutinitas bagi sebagian orang. Kebanyakan orang mendaki gunung mungkin bertujuan untuk refreshing dari penatnya keseharian, mendaki gunung untuk mencapai puncaknya dan menyaksikan pemandangan 'lautan di atas awan' yang mereka idamkan, menikmati panorama sunset dan sunrice yang tiada duanya. 

Di sisi lain, menurut saya dan merujuk pada kata-kata Soe Hok Gie bahwa, " Patriotisme tidak mungkin tumbuh dari hipokrasi dan slogan, seseorang hanya dapat mencintai sesuatu secara sehat kalau ia mengenal akan objek - objeknya, mencintai tanah air Indonesia dengan mengenal Indonesia bersama rakyatnya dengan dekat. Pertumbuhan jiwa yang sehat dari pemuda harus berarti pula pertumbuhan fisik yang sehat kerena itulah kami naik gunung. "

Kalimat tersebut mengandung pesan bahwa kita pemuda indonesia , dapat dengan benar mengenal dan mencintai bangsa ini dengan megenal dan mencintai alam dan masyarakatnya dari dekat, bukan hanya dari simbol atau semboyan semata. Di samping itu, bahwa kita sebagai pemuda indonesia harus tumbuh dengan sehat, baik fisik maupun psikis kita, karena di dalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat. 

Fisik yang sehat dan kuat salah satunya bisa di bangun dengan kita mendaki gunung, itu hanya satu dari banyak pilihan untuk membangun fisik kita yang sehat. Selain itu, hal termudah untuk membangun fisik yang sehat adalah dengan berolahraga secara berkala. 

Menurut saya pribadi, ada beberapa karakter yang dapat kita bangun dengan melakukan pendakian, karakter itu antara lain adalah :
  1. Pantang menyerah
    Mendaki gunung bukanlah aktifitas ringan yang bisa kita lakukan semau kita. Mendaki membutuhkan sebuah tekad yang kuat, terutama bagi anda yang ingin mencapai puncak sebuah gunung, maka dari itu diperlukan sebuah motivasi kuat dan sifat atau karakter pantang menyerah dari dalam diri kita. Jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kita, misalnya anda sebagai pelajar, maka anda harus terus berusaha dan pantang menyerah untuk belajar dan menghadapi sebuah soal yang guru berikan kepada anda.
  2. Tidak Egois
    Kita sering mengalami sesuatu hal atau situasi dimana ada beberapa hal yang tidak menguntungkan kita ataupun tim kita. Terutama jika kita mendaki dalam tim, sifat egois harus anda buang jauh. Terkadang kita harus berbagi tempat, makanan, ataupun minuman dengan teman kita yang tidak membawa atau kehabisan logistik tersebut.

    Ketidakegoisan kita yang lainya adalah dengan tidak terburu-buru ingin mencapai puncak dan meninggalkan teman kita yang berjalan lamban. Jika di terapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan membagi sesuatu yang mungkin kita sayangi untuk orang yang lebih membutuhkan.
  3. Mandiri
    Sifat mandiri akan tumbuh lebih baik jika kita mendaki tanpa menggunakan porter, karena kita akan banyak berusaha dengan kemampuan kita sendiri, mulai dari menjaga diri, membuat masakan sendiri atau bergantian dengan teman satu tim, maka hal tersebut dapat menumbuhkan sebuah sifat mandiri.

    Jika sehari-hari anda makan hanya tinggal memakanya karena sudah di siapkan oleh ibu ataupun istri anda atau dengan membeli atau telefon makanan delivery, maka saat anda di gunung, anda harus membuat makanan anda sendiri. Itu adalah contoh kecil bagaimana anda bisa menggali kemandirian diri anda dengan mendaki Gunung. Hal ini jika ingin anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari misalnya dengan mengurangi rutinitas anda yang anda gantungkan dengan orang lain dan mulai anda kerjakan sendiri.
  4. Bertanggung jawab
    Sifat lain yang dapat anda tumbuhkan dengan melakukan pendakian adalah bertanggung jawab. Dalam sebuah pendakian anda harus bertanggung jawab kepada diri anda sendiri, kemudian tugas anda, apalagi jika anda sebagai ketua tim pendakian, maka anda harus bertanggung jawab menjaga keselamatan teman anda dan yang paling besar adalah tanggung jawab anda untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam.

    Jadilah pemuda berkarakter yang mencintai bangsa ini.
    Salam Lestari.

2 komentar:

  1. Halo Salam Kenal
    Tulisan yang bagus, saya suka dengan tulisan ini.....

    Kalau berkenan kunjungi blog saya juga ya...
    penikmatnafas.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih bang,,
      langsung ke TKP blog abang :D

      Delete