Home » » Hal yang wajib di persiapkan saat akan melakukan Pendakian

Hal yang wajib di persiapkan saat akan melakukan Pendakian

Hal yang wajib di persiapkan saat akan melakukan Pendakian
Pendakian merupakan sebuah hobby atau kegemaran banyak orang di Indonesia, apalagi dewasa ini. Salah satu yang membuat banyaknya orang yang melakukan pendakian adalah karena Film 5 cm , Film ini memang menuai banyak kontroversi, mulai dari perbekalan yang mereka bawa yaitu air dan mie instan, sampai begitu terlihat mudahnya melakukan pendakian gunung tanpa persiapan berarti. 

Pada tulisan kali ini saya akan menguraikan beberapa hal wajib yang harus anda lakukan sebelum melakukan pendakian.

  1. Pelajarilah ilmu pendakian
    Hal ini penting guna membekali diri anda saat berpetualang di alam bebas. Saat anda berada di lingkungan yang baru tentu banyak hal baru yang anda harus ketahui sebelum anda menjalaninya. Salah satu ilmu yang terpenting adalah P3K dan Survival ( Ilmu bertahan hidup di alam bebas ). Kemudian yang tidak kalah pentingnya adalah ilmu Navigasi dan orientasi medan, jangan sampai niat anda untuk mendekatkan diri pada alam berubah menjadi bencana misalnya anda tersesat.
  2. Latihan Fisik
    Latihan fisik juga merupakan hal yang wajib anda persiapkan. Sudah banyak cerita tentang pendaki yang gagal mencapai tujuan mereka misalnya puncak, karena kelelahan, bahkan lebih parah lagi beberapa pendaki tewas dikarenakan memaksakan diri dan kurang menguasai ilmu bertahan hidup di alam bebas ( survival ). Mulailah dua bulan sebelum pendakian dengan latihan fisik misalnya lari pagi selama 30 menit perhari. Lari pagi penting guna meningkatkan VO2 max kita untuk menghadapi oksigen tipis di ketinggian.
  3. Perbekalan yang cukup
    Perbekalan juga merupakan hal yang penting karena perbekalan merupakan senjata kita untuk menghadapi apa saja yang ada di alam bebas, salah satunya adalah cuaca ekstrim yang datangnya sulit di prediksi. Perbekalan yang terpenting diantaranya adalah air dan makanan yang mengandung cukup gizi, jangan hanya membawa mie instan.
  4. Perlengkapan yang memadai.
    Selain perbekalan, perlengkapan juga harus anda bawa dalam pendakian. Perlengkapan yang penting antara lain adalah tenda, sleeping bag, jas hujan, P3K dan survival kit (perlengkapan survival), selain itu peralatan masak juga sangat diperluakan misalnya Kompor butana atau bisa juga pakai parafin. Pakaian anda juga harus di perhatikan, hindari memakai pakaian dengan bahan Jeans karena akan dingin kalau cuaca sedang dingin di gunung, selain itu juga susah untuk pergerakan, dan susah kering jika basah. Sepatu juga menjadi hal penting, pakailah sepatu tracking ( saya rekomendasikan ) atau sandal Gunung, jangan sepatu ket, apalagi sandal jepit.
  5. Bawalah Kantong Plastik
    Kantong plastik dapat sangat bermanfaat saat kita melakukan pendakian Gunung, salah satunya adalah untuk membawa sampah kita kembali ke bawah, jangan pernah tinggalkan sampah kita di Gunung. Kantong Plastik juga dapat digunakan untuk membungkus pakaian kita agar tetap kering walaupun kita kehujanan. Kantong palstik juga akan banyak berguna jika dalam situasi darurat. Bawalah kantong plastik ukuran besar.
  6. Kenali medan yang di lewati.
    Pelajari dulu Gunung apa yang akan anda daki, karena setiap gunung mempunyai karakteristik yang berbeda-beda baik dari jalur, cuaca, ketersediaan air, shelter atau camp dan lain sebagainya. Usahakan sebelum anda melakukan pendakian, carilah sebanyak-banyaknya info mengenai Gunung yang akan anda tuju, pilihlah jalur pendakian mana yang paling sesuai menurut anda.
  7. Safety firts.
    Keselamatan adalah yang utama, bukan puncak yang di kejar, tapi keselamatan anda dan tim anda yang harus di utamakan.

0 komentar:

Post a Comment