Home » » Gunung yang cocok untuk Ekspedisi Merah Putih (17 Agustus)

Gunung yang cocok untuk Ekspedisi Merah Putih (17 Agustus)

Gunung yang cocok untuk Ekspedisi Merah Putih (17 Agustus)
Foto : www.parokijumapolo.com

Perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh tanggal 17 Agustus setiap tahunya merupakan momen yang berharga bagi masyarakat bangsa Indonesia. Pada tanggal 17 Agustus di jaaran pemerintahan sudah pasti mengadakan upacara sakral peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang di Gelar dengan meriah dan di ikuti oleh jajaran pemerintahan mulai dari Pemerintah TNI, POLRI, sampai pelajar dari tingkat SD sampai Perguruan tinggi.

Para pendaki gunung dan pecinta alam juga tidak kalah dalam mengungkapkan rasa bangganya terhadap bangsa ini dengan melakukan napak tilas perjuangan bangsa menuju kemerdekaan dengan pendakian atau ekspedisi Merah Putih yang di lakukan dengan mendaki Gunung lalu mengadakan upacara bendera di puncaknya.

Diantara beberapa gunung saya akan menuliskan beberapa yang menurut saya paling populer untuk pendakian atau ekspedisi merah putih. 
  1. Gunung Semeru Jawa Timur.
    Tanpa terinspirasi dari film 5 cm, Gunung semeru merupakan Gunung tertinggi di pulau Jawa. Pada saat momentum peringatan hari kemerdekaan tanggal 17 Agustus, Gunung ini tidak pernah absen melakukan upacara peringatan hari kemerdekaan RI. Di Gunung semeru tempat yang paling cocok untuk mengadakan upacara adalah di Puncak Mahamerunya, namun pihak Pengelola biasanya memperbolehkan untuk mengadakan upacara di Ranu Kumbolo. Saya pribadi tidak menyarankan anda memilih semeru saat 17 Agustus, karena sudah pasti sangat ramai pendaki.
  2. Gunung Sindoro Jawa Tengah.
    Gunung Sindoro juga selalu ramai pendaki saat musim pendakian, terutama tanggal 17 Agustus saat peringatan Hari Kemerdekaan RI. Gunung Sindoro memiliki puncak yang cukup luas, kurang lebih hampir 2 kali luas lapangan Sepak Bola, jadi sangat cocok untuk melakukan unpacara peringatan jika anda ingin melakukan pendakian masal atau Pendama saat momentum hari kemerdekaan Republik Indonesia.
     
  3. Gunung Lawu Jawa Tengah.
    Gunung yang sering dikunjungi para peziarah ini juga cocok untuk melakukan pendakian masal atau pendama dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Di puncak Gunung Lawu terdapat menara atau Tugu yang sering di sebut dengan Hargo Dumilah yang terpasang bendera merah putih di tiangnya. Gunung Lawu bisa menjadi alternatif untuk anda jika mau merayakan Hari Kemerdekaan di Puncak Gunung.
  4. Gunung Sibayak Sumatra Utara.
    Gunung yang memiliki ketinggian 2.094 mdpl ini merupakan Gunung yang setiap tahunnya selalu di jadikan tempat untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia oleh para pendaki Gunung maupun Pecinta Alam di Provinsi Sumatra Utara. Gunung Sibayak berada di dataran tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

    Namun pada hakikatnya dimanapun kita merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia bukanlah hal yang teramat penting. Hal yang terpenting adalah bagaimana kita bisa memaknai perjuangan para pejuang yang mempertaruhkan jiwa raga untuk mencapai dan mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia.

    Kita harus bisa mengisi kemerdekaan dengan hal yang positif dan produktif, demi menghargai perjuangan para Founding Father bangsa Indonesia. Kita tidak perlu mengangkat senjata untuk menghargai perjuangan mereka, cukup jaga negeri yang indah ini, jaga kelestarian alamnya dan lakukan hal kecil untuk perubahan besar bangsa ini. Lakukan hal-hal yang positif, bekerja lebih giat dan belajarlah lebih rajin.

    Terakhir, kita kembali mengingat kata kawan kita Soe Hok Gie "Anak muda yang sehat dan cerdas selalu sibuk bereksperimen, mencoba dan menguji khayalan dan impian mereka. Anak muda yang pasif, akan menua menjadi orang dewasa yang takut mencoba tapi tidak takut mengeluh. Semua kehebatan masa depan harus dibangun di masa muda."

    Merdeka !!
    Salam Lestari Indonesiaku

0 komentar:

Post a Comment