Home » » Pendakian Gunung Arjuno Via Lawang

Pendakian Gunung Arjuno Via Lawang

Pendakian Gunung Arjuno Via Lawang
Pada kesempatan ini saya akan berbagi tentang info Pendakian Gunung Arjuno Via Lawang. Gunung Arjuno terletak di kabupaten Malang, gunung ini tercatat sebagai gunung bertipe Strato vulkano dengan ketinggian 3.339 mdpl. Untuk mendaki Arjuno Via Lawang, maka anda harus menuju desa Wonorejo. 

Sebelum melakukan pendakian, anda wajib melakukan registrasi dulu kepada petugas PHPA untuk mendapatkan izin pendakian. Perlu anda ketahui bahwa selama pendakian di jalur ini tidak terdapat sumber air, maka anda harus mempersiapkanya dari sini.

Perjalanan dari POS I di Desa Wonorejo bentuk jalurnya masih cukup landai karena masuk area peralihan dari kebun teh ke hutan hujan tropis dengan tingkat kemiringannya itu sekitar 20 sampai 30 derajat. Dibutuhkan sekitar 1 jam sampai 1,5 jam perjalanan untuk melewati medan tersebut, untuk kemudian disambut oleh kawasan padang rumput (savana)

Jalur selanjutnya adalah padang rumput yang cukup terkenal yaitu Oro-oro Ombo. Di tempai ini jarang ada pohon sehingga suhunya bisa jadi sangat panas jika anda mendaki di musim kemarau. Namun tempat ini cocok untuk anda mendirikan tenda dan beristirahat.

Setelah anda melewati Oro – Oro Ombo, untuk menuju puncak masih butuh waktu sekitar 5 sampai 7 jam. Setelah anda melewati Oro-oro Ombo, maka anda akan sampai di Pondok Alang – Alang. Tempat ini juga bisa anda gunakan untuk istirahat sejenak. Dari post ini, kalian akan menghabiskan sekitar 2 jam perjalanan untuk mencapai hutan Lali Jiwo yang terkenal itu.

Di area ini jalur akan mulai terjal, namun pemandangan yang alam Hutan Lali Jiwo sajikan kepada anda sangatlah memukau. Hutan Hujan tropis yang sangat cantik yang jarang anda temui di Hutan lain. Setelah melangkah melanjutkan pendakian kurang lebih 90 menit anda akan tiba di kawasan batuan cadas. Berhati-hatilah ditempat ini karena anda bisa terpeleset karena licinya medan dan juga jalur yang terjal.

Setelah berjuang sekitar 2 jam, maka langkah kaki anda akan menapaki Puncak Arjuno. Puncak ini terdiri dari batuan cadas. Dari puncak Arjuno anda bisa melihat puncak gunung Semeru, gunung Anjasmara dan Gunung Kawi, gunung Welirang dan gunung Penanggungan di Sebelah Utara.

Catatan :
untuk menuju jalur Lawang di Desa Wonorejo, jika anda dari arah Surabaya, maka anda bisa naik Bus ke arah Malang dan turun di Lawang. Jika anda dari arah Malang maka dari terminal Arjosari anda bisa naik minibus ke arah Lawang. Dari situ anda bisa melanjutkan dengan menyewa mobil ataupun naik ojek menuju desa Wonorejo

Salam Lestari dari Lali Jiwo.

0 komentar:

Post a Comment