Home » , » Pendakian Gunung Prau Via Patakbanteng Wonosobo

Pendakian Gunung Prau Via Patakbanteng Wonosobo

Pendakian Gunung Prau Via Patakbanteng Wonosobo
Kali ini saya akan membahas pendakian ke Gunung Prau Via Patakbanteng Wonosobo, Gunung Prau memang tidak terlalu terkenal seperti Gunung lainya. Gunug yang kondang dengan bukit Teletubiesnya ini terletak di kawasan wisata Dieng, maka saya sarankan jika anda berkunjung ke Dieng untuk berkunjung ke Gunung Prau. Jalur ini merupakan jalur paling pendek untuk mencapai puncak Gunung Prau.

Jika anda berangkat dari Jakarta, pilihlan Bus Jurusan Wonosobo, kemudian turun di pertigaan menuju Dieng sebelum terminal Mendolo, kemudian naiklah minibus jurusan Dieng dengan tarif sekitar Rp. 15.000,- per orang. Basecamp Patakbanteng beralamat di Jalan Raya Dieng KM 24, jadi sekitar 24 KM dari Kota Wonosobo, atau bisa di tempuh sekitar 1 jam perjalanan.  Basecamp terletak di Balai Desa Patakbanteng, di sini anda dapat menitipkan kendaraan ( jika anda menggunakan sepeda motor ) dengan tarif Rp. 1.000,- per motor dan untuk retribusi hanya Rp. 4.000,- untuk satu orang. 

Jalur yang pertama kita lewati adalah jalur bebatuan yang ditata rapi dan masih cukup datar. setelah melewati jalan tersebut, maka anda akan menemukan jalan setapak, masih cukup datar dan belum terlalu terjal. Setelah anda melewati POS I dan menuju ke POS II, jalan akan mulai menanjak dan jika jalan sedang atau habis terguyur hujan, maka akan cukup licin, maka anda harus berhati-hati melewatinya. 

POS III sampai ke puncak, anda akan mendapat tangtangan lebih karena jalur akan semakin curan dan sedikit bonus. Perjalan normal menghabiskan waktu 2,5 sampai 3 jam, tergantung kecepatan berjalan kita dan banyaknya waktu yang kita habiskan untuk istirahat. Di Puncak Gunung Prau, jika cuaca bersahabat maka anda akan mendapatkan pemandangan dari beberapa Gunung lain, mulai dari Lawu, Merbabu, Merapi, Sindoro dan Sumbing yang begitu gagah dan indahnya.     

Salam Lestari. 

0 komentar:

Post a Comment