Home » » Menikmati Samudra Hindia dari Pegunungan

Menikmati Samudra Hindia dari Pegunungan

     Kali ini saya akan menceritakan pengalaman tak terlupakan yang saya alami saat mendaki sebuah pegunungan atau perbukitan di Kebumen. Pegunungan ini diberi nama Gunung Duwur ( Gunung Tinggi dalam Bahasa Indonesia ) oleh masyarakat sekitar. Terletak di desa Gubug , Kecamatan Buaya Kabupaten Kebumen, sekitar 1,5 jam dari pusat Kota Kebumen.

Di Pegunungan ini kita dapat melihat indahnya hamparan Samudra Hidia dari atas, kita dapat melihat garis pantai dengan sangat jelas. Untuk mencapai lokasi ini, jalur yang paling mudah adalah dari Jalan dari Gombong menuju Pantai Suwuk atau Karangbolong, setelah memasuki Kecamatan Buayan, carilah desa atau pasar Geblug, kemudian belok ke arah barat, ikuti terus jalan itu sampai di desa Gebug.

      Jalan yang kita lewati sangat berkelok dan naik turun, saya sarankan anda untuk berhati-hati. setelah sampai di desa Gebug, carilah jalan pendakian menuju Gunung Duwur atau Gunung Arjuna ( Gunung yang bersebelahan dengan Gunung Duwur ) . Anda dapat menitipkan kendaraan anda pada warga sekitar. Pendakian akan memakan waktu sekitar satu jam dari perkampungan sampai ke Gunung Duwur, namun jika anda mau ke Gunung Arjuna maka akan menambah sekitar 30 menit lagi karena letaknya lebih jauh, namun tidak lebih tinggi dari Gunung Duwur.

     Jalan yang kita lewati adalah Tanah berbatu, jadi berhati-hatilah saat melakukan pendakian ke sini, kemudian jangan lupa memberi tanda saat mendaki agar lebih mudah saat turun Gunung nanti, karena di Gunung ini belum ada jalur resmi untuk mencapai puncaknya, saya sering membuat jalur sendiri. Ada jalur , itupun buatan petani warga sekitar yang memanfaatkan pegunungan ini sebagai ladang bercocok tanam. Di puncak gunung duwur juga terkadang di tanami kacang tanah oleh penduduk sekitar, maka kita harus hati-hati dalam memilih jalur, jangan sampai kita memilih jalur yang salah dan merusak lahan pertanian warga.

     Perlu anda ketahui, menurut cerita yang saya dengar dari warga sekiatar bahwa Gunung ini juga sering digunakan oleh para anggota TNI untuk refreshing sekaligus menguji fisik. Jadi untuk anda para penggiat alam , maka tidak ada salahnya untuk mencoba mendaki Gunung Duwur dan Gunung Arjuna di Kabupaten Kebumen ini untuk merasakan sensasi menikmati pantai dengan cara yang berbeda.
Berikut ada beberapa gambar dari Gunung Duwur di Kebumen
Gunung ( bukit )Arjuna dari Gunung Duwur

0 komentar:

Post a Comment