Home » » Mendaki saat sedang berpuasa

Mendaki saat sedang berpuasa

Mendaki saat sedang berpuasa

Ramdhan telah datang, tiba bagi kita yang beragama Islam untuk menjalankan kewajiban kita yaitu berpuasa. Namun bagi anda para petualang, jika memang anda tetap mau melakukan kegiatan alam anda, walaupun sedang berpuasa, saya mempunyai beberapa saran untuk anda :

  1. Lihat dulu kondisi anda. Jangan pernah memaksakan sesuatu di luar kemampuan anda, jika memang anda sedang dalam kondisi 100% sehat untuk melakukan pendakian di saat sedang berpuasa, maka lanjutkanlah.
  2. Aturlah porsi makan. Saat makan sahur aturlah porsinya dan kandungan yang terdapat pada makanan tersebut. Makan makanan yang mengandung banyak tenaga dan tahan lama di perut anda, misalnya daging, kemudian minumlah air secukupnya, kalau bisa minum susu agar lebih bertenaga.
  3. Atur waktu pendakian. Saat anda sedang berpuasa, alangkah baiknya jika anda mendaki pada malam hari. Karena waktu ini tidak di gunakan untuk berpuasa, jadi anda bisa leluasa untuk makan tanpa khawatir akan kelaparan atau dehidrasi.
  4. Pakailah tutup kepala saat siang hari agar tidak terlalu panas. hal ini juga agar anda tidak mudah haus dan cepat dehidrasi. saya sarankan menggunakan topi, kalau menggunakan payung saya rasa akan mengganggu pergerakan anda.
  5. Bawalah perlengkapan secukupnya. Karena anda mendaki saat berpuasa, maka bawalah perlengkapan secukupnya saja, atau mungkin bawalah teman yang bisa membantu anda membawa perlengkapan anda.
  6. Pilihlah Gunung dengan rute yang ringan. Hal yang bijak yang bisa anda lakukan jika tetap mau mendaki di saat sedang berpuasa adalah memilih gunung yang tepat. Gunung dengan rute yang ringan agar anda tidak cepat kelelahan. Mungkin Gunung Ungaran atau Gunung Prau bisa jadi pilihan untuk anda.
  7. Pilihlah jalur yang tepat. Selain Gunung yang tepat, pilih juga jalur yang tepat agar perjalanan dan tenaga anda tetap efisien. Usahakan Jalur yang tidak tandus atau Jalur yang banyak terdapat pepohonan, pohon bisa anda gunakan untuk istirahat.
  8. Aturlah tempo berjalan dalam melakukan pendakian. berjalanlah dengan langkah yang tidak terlalu cepat untuk menghemat tenaga anda.
  9. Tetaplah kerjakan kewajiban kita kepada Alloh SWT. 

Semoga bermanfaat. 
Selamat Berpuasa dan Salam Lestari.

2 komentar: