Home » , » Pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Sewu

Pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Sewu

Pendakian Gunung Lawu Via Cemoro Sewu
Gunung Lawu, Gunung yang terkenal dengan warung Mbok Yem-nya ini merupakan Gunung yang terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dengan Provinsi Jawa Timur. Gunung dengan ketinggian 3.265 mdpl ini memili dua Jalur Pendakian yang populer yaitu Jalur Cemoro Sewu yang terletak di Kabupaten Magetan Jawa Timur dan Jalur Cemoro Kandang yang terletak di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. 

Di luar dua Jalur tersebut masih ada jalur pendakian yaitu Cetho yang melewati Candi Centho yang merupakan candi peninggalan Brawija V, Jalur Tambak yang masuk Jawa Tengah atau Jalur Jogorogo yang masuk Kabupaten Ngawi Jawa Timur. 

Jalur Cemoro Sewu berjarak tidak terlalu jauh dari jalur sebelahnya yaitu Cemoro Kandang. Jalur ini didominasi oleh jalan bebatuan yang di susun menyerupai anak tangga. Jalur ini sering digunakan oleh para peziarah pada malam satu suro untuk napak tilas perjalanan Prabu Brawijaya V. 

Di Basecamp Cemoro Sewu kita dapat menitikan kendaraan kita, misalnya anda menggunakan sepeda motor dengan tarif Rp. 5.000,- permalam.  Kemudian lakukan pendaftaran dan pembayaran retribusi sebesar Rp. 7.500,- (waktu itu ). 

Jalur yang ada di Cemoro Sewu adalah jalan bebatuan yang sudah kita pijak saat melewati pintu gerbang. Kemudian jalur akan mulai terbuka dan rerumputan di kiri-kanannya. Dalam perjalanan menuju POS I anda akan menemui mata air yang biasa di sebut Sendang Wesanan. Jalan yang di lewati selanjutnya akan semakin menyempit dari jalan sebelumnya. Di POS I juga biasanya ada warung yang bisa anda singgahi untuk melepas lelah. 

Jalur menuju POS II akan lebih menanjak di bandingkan jalan sebelumnya. Jalan yang dilalui masih terdiri dari batu yang di tata rapi , mirip seperti anak tangga. Sekitar 1 jam dari POS II anda bisa sampai di POS III, biasanya banyak pendaki yang berkemah di POS III ini. 

POS IV dapat anda capai seletah satu setengah jam dari POS III dengan melewati jalan yang terdapat bebatuan besar di sisi jalanya, di POS IV ini juga dapat anda gunakan untuk berkemah karena tempatnya cukup luas. Di tempat ini anda dapat melihat indahnya malam di kota Magetan dan Telaga Sarangan di malam hari. 

Jika anda tetap melanjutkan perjalanan, 1,5 jam dari POS IV anda akan sampai di POS V. POS V merupakan POS terakhir sebelum kita mencapai warung legendaris, warung Mbok Yem. POS ini juga cukup luas untuk dapat anda gunakan untuk mendirikan tenda dan bermalam. Di sini juga masih terbentang pemandangan indah Kota Magetan di malam hari. 

Warung Mbok Yem dapat di temui dengan melewati jalan yang berbatu. Di POS ini juga ada lembah dengan sabana. Ambilah jalan setapak yang ada di bawah sebuah papan yang bertuliskan POS 5. Setelah 1,5 sampai 2 jam anda akan sampai di Warung Mbok Yem di Hargo dalem, kemudian Puncak Lawu yaitu Hargo Dumilah dapat di tempuh sekitar 10-15 menit dari Warung Mbok Yem. 

Salam Lestari.   
  

0 komentar:

Post a Comment