Home » » Pecinta Alam, Mulailah dari hal-hal kecil

Pecinta Alam, Mulailah dari hal-hal kecil

Untuk menjadi Pecinta Alam tidaklah harus dengan masuk dan mendaftar jadi anggota suatu kelompok, ikatan, atau organisasi pecinta alam dulu. Menjadi pecinta alam dapat kita mulai dari hal-hal kecil di sekitar kita. Misalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan, itu juga sudah merupakan langkah positif untuk menjadi seorang pecinta alam. 

Dalam hal ini saya tidak menghakimi pecinta alam yang berorganisasi. Jika anda mau masuk dan bergabung menjadi anggota suatu organisasi pecinta alam, maka anda wajib mendaftar dan mengikuti pendidikan di dalamnya. Namun kali ini saya hanya berbagi bagaimana langkah yang dapat kita lakukan untuk menjaga kelestarian alam.  

Tindakan-tindakan lainya yang dapat kita lakukan misalnya dengan menanam pohon di sekitar rumah kita, buatlah sebuah "hutan" kecil di sekitar rumah anda. Selain dapat menambah keindaha, juga dapat menambah suplai oksigen ke lingkungan rumah anda sehingga rumah anda bertambah sejuk dan sehat. 

Jika lingkungan sekitar rumah anda tidak memungkinkan untuk anda membuat "hutan" kecil tersebut, maka buatlah atau belilah beberapa pot tanaman sehingga dapat memperindah dan memperindang lingkungan di sekitar tempat anda tinggal. 

Hal yang saya sukai adalah dengan menanam tanaman produktif di sekitar rumah saya, di halaman rumah saya terdapat satu pohon kelapa, dua pohon mangga, satu pohon jeruk, satu pohon nangka ( masih muda ), satu pohon jambu biji dan satu pohon salak (liar) dan beberapa pohon cabai rawit. Dengan tanaman-tanaman tersebut tentu saja akan menambah nilai ganda, selain dapat membuat sebuah "hutan" kecil, kita juga mendapatkan manfaat berupa buah  yang di hasilkan tanaman tersebut. 

Namun bagi anda yang tidak mempunyai lahan yang cukup seperti lingkungan saya di desa, maka minimal anda meletakkan beberapa tanaman misalnya dengan pot di lingkungan tempat tinggal anda. Percayalah bahwa langkah kecil dapat membawa perubahan, dari pada anda tidak berbuat apa-apa sama sekali. Menjadi Pecinta Alam dengan mulai mencintai alam, mencintai sebagai rasa terimakasih atas semua yang Tuhan berikan melalui alam-Nya. 

Salam Lestari dari samping rumah saya . 

0 komentar:

Post a Comment