Home » , , » Pendakian Gunung Sumbing Via Garung Wonosobo

Pendakian Gunung Sumbing Via Garung Wonosobo

Pendakian Gunung Sumbing
Kali ini saya akan menceritakan pendakian saya ke gunung sumbing beberapa waktu yang lalu. Gunung Sumbing merupakan Gunung tertinggi kedua di Provinsi Jawa Tengah, provinsi tempat saya tinggal. Terletak di Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung.

Gunung ini juga bersebelahan dengan Gunung Sindoro. Gunung dengan ketinggian 3.371 Mdpl ini mempunyai 4 Jalur pendakian, yaitu Garung, Tedeng, Cepit dan Cengklok. Namun di tulisan ini saya hanya akan membahas pendakian via Garung, Kecamatan Kalikajar , Wonosobo.

Di jalur Garung ini juga terdapat 2 jalur pendakian yaitu jalur lama dan jalur baru, jalur baru dibuat untuk alternatif karena jalur lama sering longsor. kedua jalur ini nanti akan menyatu kembali di POS IV atau Pestan.

Petualangan saya di mulai pukul 14.30 WIB dari Basecamp, langsung menuju POS I, saya hanya berdua dengan teman saya, mas Mohamad Nur Firdaus, kami memutuskan untuk melewati jalur lama untuk pendakian dengan alasan karena jalur yang lebih pendek dan tentu saja waktu tempuh akan lebih singkat.
Pendakian Gunung SumbingKami ketemu dengan rombongan dari semarang di perjalanan menuju POS I, mereka sekitar 7 orang laki-laki dan 1 perempuan. setelah beberapa lama berjalan melewati jalan berbatu yang ditata rapi, sisi kanan kiri adalah ladang penduduk, akhirnya kami memasuki hutan, tak berapa jauh terlihatlah POS I yang di sebut Malim.

Setelah beristirahat sejenak dan berfoto sejenak, kami melanjutkan perjalanan menuju POS II, masih dengan rombongan dari semarang. Jalan menuju POS II adalah tanah liat, cukup terjal, setelah sekitar 2 jam perjalanan akhirnya kami sampai di POS II yang diberi nama Genus.

POS ini cukup lapang untuk anda mendirikan tenda. Setelah melepas lelah dan berfoto ria, kami melanjutkantracking kami menuju POS III, perjalanan menuju POS III menurut saya adalah yang terjauh, karena menghabiskan waktu sekitar 3 Jam, atau mungkin pengaruh dari kondisi fisik kami, setelah sekian lama berjalan, kami akhirnya sampai di POS III sekitar jam 19.10 WIB,

Pendakian Gunung Sumbing
POS III ini disebut dengan Seduplak Roto. POS ini tidak terlalu besar , niatnya mau melanjutkan perjalanan namun sepertinya kondisi fisik kami tidak memungkinkan, akhirnya kami memutuskan untuk bermalam dan melanjutkan perjalanan esok pagi, kebetulan belum ada yang membangun tenda. Kami berpisah dengan rombongan dari semarang karena mereka akan tetap melanjutkan perjalanan menuju POS IV atau biasa disebut Pestan, katanya masih sekitar dua jam lebih.
Esok paginya kami berdua melanjutkan perjalanan menuju puncak dengan ditemani oleh rombongan dari Jogja dan semarang berjumlah 8 orang , 4 permpuan dan 4 laki-laki. Rombongan ini baru sampai saat kami sudah terlelap tadi malam. Pukul 07.30 WIB kami melanjutkan perjalanan menuju POS IV atau Pestan, jalurnya sudah bertambah terjal. Setelah tiba di POS IV kami hanya beristirahat sejenak, sambil sedikit berbincang dengan robongan yang naik dari Jalur Baru.
Kami akhirnya melanjutkan pendakian menuju Watu Kotak, sampai di Watu Kotak (Batu Kotak dalam bahasa Indonesia) , kami melanjutkan perjalanan ber 5 karena 3 pria dari Jogja memutuskan untuk turun kembali ke POS III. Kami ber 5 melanjutkan perjalanan ke Puncak Kawah, dan Sampai Sekitar Jam 11.30 WIB, sangat lelah namun terbanyar dengan kepuasan yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Kami turun langsung jam 12 lebih sedikit dikarenakan cuaca yang tidak mengizinkan kita berlama-lama di Puncak. Akhirnya sampai di Basecamp Garung Pukul 18.30 WIB.
Catatan penting :
  • Retribusi Basecamp Rp. 4.000,- (bayar sekali)
  • Retribusi Air dan kamar mandi Rp. 1.000,- (bayar sekali)
  • Transport paling mudah dengan Bus dari Magelang atau wonosobo Jurusan Temanggung, atau dari arah sebaliknya , bilang saja sama bapak kenek turun di Basecamp Sumbing pati tau.
  • Rekomendasi saya naik dan turun lewat jalur Lama ( jika di izinkan Stickpala atau petugas Basecamp, soalnya sering longsor)
  • Rekomendasi kawan-kawan lain naik Jalur lama turun jalur Baru ( Jika air tidak cukup ).
  • Jalur Lama tidak ada sumber air
  • Jalur Baru dilewati sungai .
Watu Kotak (saya potret terbalik , karena pohon tempat tulisan itu memang sudah roboh dan hampir jatuh) dan Puncak Kawah Sumbing yang mempesona.
Pendakian Gunung Sumbing

Terimakasih, sampai jumpa pada tulisan saya berikutnya.