Home » » Prosedur Booking Online Pendakian Gunung Gede Pangrango

Prosedur Booking Online Pendakian Gunung Gede Pangrango

Prosedur Booking Online Pendakian Gunung Gede Pangrango
A. Kuota
Jumlah pengunjung pendakian di TNGGP ditetapkan dengan sistem kuota yaitu sebanyak 600 orang/hari dengan rincian pada masing-masing pintu masuk pendakian sebagai berikut:
  1. Pintu Masuk Mandalawangi Cibodas 300 orang/hari
  2. Pintu Masuk Gunung Putri 200 orang/hari
  3. Pintu Masuk Selabintana 100 orang/hari

B. Pengajuan Ijin Pendakian
Perijinan merupakan hal mutlak yang harus dilakukan pertama kali oleh para calon pendaki di kawasan TNGGP. Perijinan ini bertujuan untuk mewujudkan tertib administrasi sebagai salah satu bentuk pelayanan kepada pengunjung dan merupakan keabsahan sebagai pengunjung TNGGP.
Perijinan untuk pendakian di Balai Besar TNGGP dilaksanakan dengan sistem Booking (Reservasi), dengan ketentuan sebagai berikut :
  1. Booking diberlakukan bagi pendaki yang berasal dari dalam negeri (WNI) atau pendaki luar negeri yang memliki KITAS dan bertempat tinggal (residen) di Indonesia.
  2. Bagi calon pendaki dari luar negeri (WNA) tidak diberlakukan sistem booking.
    Mengingat pertimbangan tertentu antara lain keterbatasan waktu tinggal di Indonesia dan meningkatkan kegiatan kepariwisataan pada skala internasional / promosi ke Indonesia khususnya ke TNGGP.
  3. Booking dilakukan paling cepat 1 (satu ) bulan sebelum tanggal pelaksanaan pendakian dan paling lambat 7 (tujuh) hari sebelumnya (H-30 sampai dengan H-7).
  4. Konfirmasi kepastian dari booking harus dilakukan paling lambat 7 (tujuh) hari sebelum tanggal pendakian (H-7), jika sampai H-7 tidak ada konfirmasi, maka booking dianggap batal.
  5. Apabila sebelum H-7 kuota sudah terpenuhi, maka calon pendaki yang akan membooking dimasukan pada daftar cadangan.
  6. Apabila sampai H-7 masih tersedia kuota, maka calon pendaki masih diijinkan sampai H-3
  7. Apabila pada hari H masih tersedia kuota, maka calon pendaki dapat diijinkan naik pada hari tersebut.
  8. Booking diharuskan membayar sebesar 30 % dari biaya total. Pelunasan pembayaran dilakukan pada saat pengambilan SIMAKSI.
  9. Booking dilakukan secara online dengan mengisi aplikasi di http://booking.gedepangrango.org/ .
  10. Booking akan valid atau sah apabila dilampirkan bukti setoran yang kami terima melalui e mail booking@gedepangrango.org minimal H-7 atau H -3 jika quota masih tersedia.
  11. Bila karena sesuatu hal yang berasal dari calon pendaki, membatalkan pendakiansecara sepihak maka pembayaran booking tidak dapat dikembalikan.

a. Online
Booking melalui sistem online dapat dilakukan dengan mengunjungi situs www.gedepangrango.org dan mengklik pelayanan booking online atau http://booking.gedepangrango.org/ dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Booking online dilakukan melalui 4 tahap yakni a) kewajiban, hal yang dilarang dan persetujuan, b) mengisi quis, c) mengisi data ketua kelompok dan anggota, d) persetujuan pembayaran dengan pilihan : belum menentukan pilihan, membayar langsung atau transfer ke Rekening Bank BNI Cabang Cipanas No 019 012 7132 atas nama Balai Besar Taman Nasional Gn Gede Pangrango (PNBP), dan f) mendapatkan kode booking dan mencetak simaksi sementara.
  2. Booking dilakukan secara online dengan mengisi aplikasi formulir pada http://booking.gedepangrango.org/, tiap regu /simaksi hanya terdiri dari 10 orang dengan 1 orang sebagai ketua kelompok.
  3. Layanan online dapat dilakukan 24 jam setiap harinya
  4. Booking diharuskan membayar minimal sebesar 30% dari biaya total. Pelunasan pembayaran dilakukan pada saat pengambilan SIMAKSI.
  5. Apabila dalam tempo 3 hari belum menentukan dan melakukan pembayaran maka sistim akan menghapus data anda secara otomatis.
  6. Dengan menyebut nama ketua kelompok dan tanggal pendakian bukti transfer dapat dikirim melalui e-mail booking@gedepangrango.org minimal H-7 atau H -3 jika quota masih tersedia, atau di fax melalui nomor 0263-512776/519415 serta dibawa ketika mengambil simaksi.
  7. Kode booking dapat digunakan untuk meng-edit data pendaki atau menambah jumlah pendaki, namun tidak dapat digunakan kembali apabila sudah kadalarsa (lebih dari 3 hari) dan telah di VALIDASI.
  8. Segala data yang diberikan harus di validasi ketika mengambil simaksi seperti copy KTP dan bukti setoran. Apabila data KTP tidak valid maka simaksi dapat BATALKAN.
  9. SIMAKSI dapat diambil minimal 1 hari sebelum pendakian di kantor Balai Besar Taman Nasional Gn Gede Pangrango Cibodas pada jam kerja (Senin-Kamis : 08.30-15.00; Jumat - Minggu : 09.00-15.00) Pada hari libur/cuti nasional kami tidak membuka pelayanan booking dan pengambilan simaksi.
sumber : www.gedepangrango.org

0 komentar:

Post a Comment