Home » , , » Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Kabupaten Boyolali

Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Kabupaten Boyolali

Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Kabupaten BoyolaliKali ini tulisan saya adalah tentang Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Kabupaten Boyolali. Selo berada di tengah - tengah antara Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Jalur ini terkenal dengan Sabananya yaitu Sabana banyaknya percabangan yang bisa menyesatkan pendaki.

Setelah tiba di Selo, lakukan pendaftaran di Pos Polisi Pasar Selo. Kemudian Perjalanan selanjutnya untuk menuju ke basecamp Gunung Merbabu, dari Selo tepatnya dari kantor Polisi, pendaki harus berjalan kaki menyusuri jalan aspal sejauh 2 km selama 1 jam. 

Jika anda malas berjalan, anda dapat menyewa mobil bak terbuka sayuran atau ojek untuk melintasi perkampungan penduduk dan ladang - ladang yang berada di lereng - lereng terjal menuju ke Basecamp Selo. Jika mau pemanasan pendakian, lebih baik anda tetap berjalan kaki.

Di Kampung ini terdapat buah 3 rumah yang biasa dijadikan Basecamp. Rumah ini cukup besar sehingga mampu menampung puluhan pendaki yang menginap. Disini pendaki dapat beristirahat dan menitipkan barang - barang pribadi dan mengisi air untuk pendakian. Di Basecamp juga mnenyediakan makanan dan minuman, untuk mengisi perut.

Perjalanan dari Basecamp menuju Mpitian kurang lebih akan memakan waktu 1 Jam, pendakian diawali dengan melintasi area perkemahan yang sangat luas yang ditumbuh pohon - pohon pinus sehingga cukup rindang dan sejuk. Jalur yang kita lewati masih cukup landai kemudian mulai memasuki kawasan hutan, akan banyak dijumpai pertigaan, maupun perempatan jalur yang menuju ke perkampungan penduduk, maupun jalur penduduk mencari kayu bakar dan rumput, untuk itu tetap pilih jalur yang paling lebar. Berjalan sekitar 1 jam akan sampai di Mpitian yang berupa perempatan jalur.

Perjalanan dari Mpitian sampai di  Tikungan Macan juga akan memakan waktu sekitar 1 Jam. Dari Mpitian masih agak landai melintasi hutan akan berjumpa dengan sungai kering yang berisi pasir. Setelah menyeberangi sungai kering jalur mulai agak menanjak namun masih di dalam hutan. Setelah berjalan sekitar satu jam dari sungai kering ini, jalur terjal sekali meliuk mendaki bukit dan kita akan menjumpai tikungan macan. 

Dari Tikungan macan sampai ke Batu tulis masih memakan waktu 1 Jam. Di Tikungan Macan ini kita bisa memandang ke bawah ke arah jurang yang masih diselimuti hutan lebat. Dari Tikungan Macan jalur mulai sedikit terbuka, namun masih melintasi hutan yang sudah tidak terlalu lebat lagi. Jalur mulai menanjak, setengah jam berikutnya jalur mulai agak sulit dan mulai terjal. Setelah 1 jam dari Tikungan Macan kita akan sampai di Batu Tulis.

Watu tulis menuju ke Jemblongan dapat di tempuh selama 1,5 Jam. Batu Tulis adalah tempat terbuka yang cukup luas, di tengahnya terdapat sebuah batu yang cukup besar. Pemandangan indah di sekitar Batu Tulis bisa menjadi pengobat lelah. Banyak terdapat Edelweis yang tumbuh tinggi dan besar sehingga bisa digunakan untuk berteduh sekitar 5 orang. 

Perjalanan dari Batu Tulis medan mulai terbuka berupa padang rumput yang sangat terjal dan berdebu. Bila di musim hujan jalur ini licin sekali sehingga perlu perjuangan sangat keras untuk bergerak ke atas. Puncak Gunung Merbabu masih belum kelihatan, pendaki masih harus melewati empat buah bukit yang terjal untuk sampai di puncak Gunung Merbabu.

Setalah kurang lebih 1 jam berjuang melintasi medan yang berat dan terjal pendaki akan sampai di puncak bukit, selanjutnya turun dan landai melintasi padang rumput. Pemandangan sekitar di Padang Rumput ini sangat indah. Sedikit naik bukit dan kemudian turun lagi pendaki akan sampai di tempat yang sering disebut Jemblongan yakni sebuah tempat yang banyak di tumbuhi Edelweis dalam ukuran besar dan rapat sehingga sehingga membentuk hutan yang indah.  
Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Kabupaten Boyolali

Anda bisa beristirahat sejenak di sini. Ini adalah tempat terakhir yang bisa digunakan untuk berteduh dan beristirahat dengan nyaman, karena jalur selanjutnya berupa padang rumput terbuka. Perjalana berlanjut dari Jemblongan menuju Puncak Syarif  dan memakan waktu sekitar 2 Jam. Dari Jemblongan, Anda tetap harus berjuang untuk mendaki bukit yang terjal. Setelah berjalan sekitar 1 jam akan tampak puncak Gunung Merbabu. Pemandangan yang sangat indah di depan mata, kita memandang jalur medan terjal yang harus kita tempuh untuk menggapai puncak gunung Merbabu.
Pendakian Gunung Merbabu Via Selo Kabupaten Boyolali


Sekitar 30 menit hingga 1 jam diperlukan untuk melewati jalur padang rumput yang terjal dan berdebu untuk mencapai Puncak tertinggi gunung Merbabu. Setibanya di Puncak Gunung Merbabu, untuk menuju Puncak Kenteng Songo.

TRANSPORTASI
  • Dari arah Semarang dan Jakarta.
- Bus Jurusan Semarang - Solo atau Jakarta - Solo turun di terminal Boyolali.
- Dilanjutkan berjalan ke pasar Sunggingan atau Pasar Sapi.
- Mini Bus dari Pasar Sunggingan ( Pasar Sapi ) Boyolali ke Cepogo / Selo.
- Mini Bus  dari Pasar Cepogo ke Selo.


  • Dari arah Solo dan Surabaya.
- Bus jurusan Solo, Semarang atau Surabaya turun di RSU Boyolali, atau Surowedanan.
- Mini Bus Surowedanan ke Cepogo / Selo.
- Mini Bus dari Pasar Cepogo ke Selo.

  • Dari Arah Jogjakarta.
- Bus jurusan Jogja - Solo turun di Kartasura
- Ambil bus jurusan Semarang, Jakarta, atau Boyolali turun Di RSU atau Surowedanan.
- Mini Bus Surowedanan ke Cepogo / Selo.
- Mini Bus dari Pasar Cepogo ke Selo.

Salam Lestari.
Thanks to Belantara Indonesia

0 komentar:

Post a Comment